Friday, May 6, 2011

Indonesia Maju? Bukan Hanya Impian. Kita Bisa Membuatnya Nyata!

Tentang Indonesia Mengajar
Melalui Indonesia Mengajar, kita mengajak putra-putri terbaik di republik ini, generasi baru yang terdidik, berprestasi dan memiliki semangat juang untuk menjadi Guru SD selama 1 tahun di pelosok Indonesia.

Indonesia Mengajar adalah sebuah ikhtiar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Indonesia Mengajar tidak berpretensi untuk menyelesaikan seluruh persoalan pendidikan di Indonesia. Indonesia Mengajar meyakini bahwa hadirnya putra-putri terbaik Indonesia sebagai guru mendorong peningkatan kualitas pendidikan kita.

Indonesia Mengajar yakin bahwa pendidikan adalah sebuah gerakan. Pendidikan bukan sekedar program yang dijalankan pemerintah, sekolah dan para guru. Pendidikan adalah gerakan mencerdaskan bangsa yang harus melibatkan semua orang. Ini semua didasarkan pada keyakinan kita bahwa mendidik adalah tugas setiap orang terdidik.

Indonesia Mengajar menempatkan sarjana-sarjana terbaik di pelosok negeri. Kehadiran mereka disana untuk mengajar, mendidik, menginspirasi dan menjadi jembatan bagi masyarakat desa-desa dengan pusat-pusat kemajuan. Di pelosok negeri itu, para Pengajar Muda akan memiliki kawan baru, rumah baru, dan keluarga baru. Desa-desa itu akan selalu menjadi bagian dari diri mereka. Begitu juga sebaliknya, para Pengajar Muda itu akan meninggalkan ilmu, inspirasi dan kenangan di masyarakat desa di pelosok negeri. Tanda pahala para Pengajar Muda itu akan membekas di setiap prestasi anak-anak dan di setiap kemajuan di desa-desa. Indonesia Mengajar yakin bahwa itu semua adalah rajutan erat yang akan menguatkan tenun kebangsaan kita.

Indonesia Mengajar yakin bahwa "Setahun Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi"
- Anies Baswedan -


Mulailah cerita besar-mu dari langkah kecil pertama-mu...
Jadilah Pengajar Muda angkatan berikutnya!

Deskripsi Program
Setelah melalui pelatihan, para Pengajar Muda akan dikirim ke daerah untuk bekerja selama 1 tahun. Setiap PM akan bertugas di sebuah sekolah dasar (dapat negeri atau swasta) yang ditentukan bersama dengan Pemda. Setiap PM akan tinggal bersama dengan sebuah keluarga di lingkungan sekolah.
Pengajar Muda akan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan terkait pendidikan yang dapat dipilah menjadi:
  1. Kegiatan kurikuler, merupakan komponen pokok program, yaitu segala kegiatan terkait belajar-mengajar dari sejak perencanaan belajar sampai evaluasi.
  2. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
  3. Kegiatan pembelajaran masyarakat, yaitu segala kegiatan belajar bersama masyarakat.
  4. Kegiatan jaringan dan advokasi pendidikan, yaitu segala kegiatan untuk membangun, memelihara dan menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan di wilayah terkait.
Pengajar Muda dibentuk dalam tim-tim tertentu sebagai kelompok saling-dukung namun demikian tetap ada kemungkinan dapat bertugas dan tinggal jauh dari PM yang lain. Fasilitas di lokasi bervariasi tetapi secara umum tidak tersedia listrik dan sinyal komunikasi secara baik. Dalam beberapa kasus, wilayah tertentu amat jauh, sulit terjangkau dengan tanpa adanya listrik dan sinyal.
Pengajar Muda diminta untuk mengambil inisiatif dalam menyusun sendiri programnya disesuaikan dengan kondisi yang ada, mengkomunikasikan dengan pihak sekolah atau pihak terkait lain, menggalang dukungan komunitas serta melaksanakan kegiatan dengan sumberdaya yang terbatas.

For further info, open this webpage:
http://www.indonesiamengajar.org

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget