Friday, September 14, 2012

Love for Children

Love for Children (LfC) adalah sebuah komunitas sosial yang peduli pada kehidupan anak-anak kurang mampu atau yang tinggal di jalanan. Komunitas ini merupakan komunitas independent.

Latar belakang dibentuknya LfC adalah melihat kondisi sosial dalam masyarakat yang memprihatinkan. Banyak generasi penerus bangsa yang hidupnya bergantung pada kehidupan jalanan yang keras.
Mereka mengenakan pakaian ala kadarnya, makan apa pun yang dapat mereka makan, bahkan tidak mendapat pendidikan yang layak.

Tujuan utama LfC adalah memberikan pendidikan yang layak untuk generasi penerus bangsa. Dalam UUD 1945 pasal 31, dikatakan bahwa tiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Ketetapan UUD itulah yang ingin LfC capai.

Tapi ada beberapa tantangan yang dihadapi LfC:
  1. Mindset anak-anak dan orang tua tentang pendidikan yang kurang penting membuat mereka tidak tertarik ketika LfC mencoba mendekati mereka dengan kata-kata "pendidikan".
  2. "Mandor" mereka di jalanan yang melarang mereka untuk mengecap pendidikan.
Untuk mengatasi tantangan itu, LfC melakukan pendekatan yang lebih smooth. LfC merencanakan beberapa kegiatan untuk melakukan pendekatan pada anak-anak dan orang tua:
  1. Pembagian pakaian layak pakai: akan dilaksanakan pada Oktober 2012 di Semarang.
    • Waktu: November 2012 (tentative)
    • Tempat: Semarang
    • Teknis: Teman-teman LfC bersama siapa pun yang ingin membantu mengumpulkan pakaian layak pakai dengan target untuk + 30 anak (2pcs baju/anak)
    • Pada Oktober 2012, anak-anak akan dikumpulkan di sebuah aula untuk pembagian, sekaligus perkenalan dengan teman-teman LfC dan siapa saja yang ingin terlibat.
  2. Makan siang bersama
    • Waktu: Desember 2012 (tentative)
    • Tempat: Semarang
    • Teknis: hampir sama dengan pembagian pakaian layak pakai. Namun dalam hal ini LfC menerima bantuan dalam bentuk uang dan/atau makanan.
  3. Pertemuan rutin bulanan 
    • Hal ini akan dilakukan jika [1] dan [2] sudah terlaksana dengan baik. Jika masih belum baik, kita kembali ke [1] atau [2].
    • Dalam pertemuan ini, LfC akan mulai menyisipkan materi pendidikan moral dan pengetahuan umum.
  4. Pengadaan "perpustakaan"
    • Sambil menjalankan [1], [2], dan [3] teman-teman LfC akan mencari tempat yang tepat untuk membuka perpustakaan untuk anak-anak yang terdaftar dalam LfC.
    • Dalam hal ini, LfC membutuhkan buku-buku bacaan (pelajaran sekolah, pengetahuan umum, novel, dll)
Berkaitan dengan tiga (3) rencana LfC di atas, kami membutuhkan bantuan teman-teman untuk menyumbangkan (entah baju, uang, makanan, buku, dan/atau tenaga) bagi LfC.
Jika hati teman-teman terketuk, dapat komentar di blog ini, atau bergabung di group facebook kami.
Dapat juga menghubungi salah satu dari teman-teman yang tergabung sebagai pengurus LfC:


Salam Cinta untuk Anak-anak,

Jessica Permatasari
Koordinator Love for Children

No comments:

Post a Comment