Thursday, November 29, 2012

Tentang Migrain

Migrain, salah satu penyakit yang sering mampir ke kepalaku. Banyak relatives yang menyarankan untuk periksa ke dokter, bahkan guru SMAku menyarankan untuk ct scan. Kata guru SMAku, pernah ada kakak kelas, seorang yang pandai dan aktif di sekolah, sering mengalami migrain. Dia menyepelekannya, sampai ketika akan menjalani Ujian Nasional migrainnya kambuh (dan cukup parah). Diperiksakan dan kata dokter ada tumor di otaknya. (Ngeri ga sih? wew!)

Nhah, aku googling lah tentang migrain.

Kata "migrain" sendiri berasal dari Bahasa Yunani "hemikrania", yang berarti "separuh kepala" (sama seperti yang dirasakan penderita migrain: pusing di sebagian kepala saja).

Menurut wikipedia, migrain adalah sakit kepala episodik dengan perubahan neurologis, pencernaan, dan otonom. (Bahasanya tingkat tinggi ya? >.< ).

Menurutku, migrain adalah sakit kepala sebelah yang disertai mual, dan seringkali menjadi sensitif terhadap cahaya dan suara (pengalaman pribadi).

Migrain lebih sering menyerang wanita. Kenapa? Alasan yang dimuat dalam gayahidup.inilah.com adalah karena (menurut penelitian yang dilakukan Universitas Griffith, Australia) adanya hubungan antara kromosom X dan migrain. Wanita memiliki dua kromosom X dan satu kromosom Y, sedangkan pria memiliki satu kromosom X dan kromosom Y. (bingung? sama! haha..)

Menurut berbagai sumber, penyebab migrain bisa berbagai macam mulai dari pola makan sampai stress.  Ada beberapa yang aku ga setuju sebenarnya. Misal, tertulis kalau coklat dan kopi penyebab migrain, padahal kalau aku migrain minum kopi atau makan coklat malah mengurangi rasa sakit. Nhah lho?
Beberapa penyebab yang memang aku rasakan misalnya stress, kurang atau kebanyakan tidur, telat makan, dan menjelang haid.


Cara pencegahan migrain ada beberapa macam. Menurut Indospiritual, untuk mencegah migrain, kita bisa tidur cukup (cukup, bukan kebanyakan tidur!) dan mengurangi konsumsi teh atau kopi (tapi harus perlahan-lahan, tidak boleh langsung berhenti karena menyebabkan tubuh kaget). Kalau pun migrain sudah terlanjur mampir di kepala, rasa sakit bisa dikurangi dengan:

  1. Tidur di kamar yang gelap (asik asik asik :) )
  2. Menempelkan kompres dingin pada kepala untuk menyempitkan pembuluh darah di kulit kepala(sebenernya aku ga tau sih gunanya, tapi tiap kali migrain I do this. Nyaman aja gitu)
  3. Minum obat pereda nyeri (Mmm, aku tidak menyarankan. Kalau ga terpaksa banget, mending ga usah minum obat deh)
  4. Memeriksakan diri ke dokter (I'm planning it!)
Seperti dimuat dalam detikHealth"Jika Anda menderita migrain, segera ambil tindakan pencegahan ekstra untuk meminimalkan risiko kesehatan. Anda dapat memperbaiki gaya hidup untuk mencegah migrain seperti berhenti merokok, tidur yang cukup, dan meningkatkan aktivitas fisik ," kata Deborah Friedman, MD, peneliti dari University of Texas Southwestern Medical Center seperti dilansir prevention, Sabtu (17/11/2012).

No comments:

Post a Comment