Monday, December 31, 2012

Wisata Semarang

Banyak orang yang merencanakan pergi jauh untuk menghabiskan liburan panjang akhir tahun. Aku ingin mengeksplor wisata Semarang, kota kelahiranku.

Ada beberapa tempat yang aku kunjungi di Semarang (selama 2012) ini:

1. Lawang Sewu
Bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda ini memiliki daya tarik tersendiri. Bangunan yang dibangun pada 27 februari 1904 ini berfungsi sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (kantor pusat Perusahaan Kereta Api Swasta NIS). Setelah masa pendudukan Belanda, gedung ini dialihfungsikan oleh Jepang untuk penjara. Bahkan ada ruang pemenggalan.
Pada 2012 ini Pemda Semarang melakukan perombakan Lawang Sewu supaya semakin terawat.

Biaya tiket per orang Rp 10.000 dan untuk pemandu bisa diberi secara sukarela. Lokasi Lawang Sewu ini dekat dengan Tugu Muda. Peletakkan batu pertama tugu ini dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1945. Tujuan dibangunnya Tugu Muda adalah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran lima hari di Semarang. Tugu ini menggambarkan semangat patriotisme pemuda Semarang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Sayang sekali tidak terlalu banyak foto, karena tidak bawa kamera. :(

Lawang Sewu dan Tugu Muda


2. Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong juga sering dikenal dengan klenteng Dongbatu atau Gedung Batu. Tempat ini dikenal sebagai tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho (atau Zheng He), seorang Tiongkok beragama Islam.

Klenteng Sam Poo Kong
3. Pantai Marina
Semarang memang daerah pesisir, tapi sejauh ini hanya Pantai Marina yang dikenal. Tidak seperti pantai-pantai di Yogyakarta atau Bali yang berpasir putih, Pantai Marina dikelilingi batu-batu besar. Di hari Minggu atau masa liburan akan banyak penjual makanan atau minuman di pinggir pantai. Bagi yang ingin merasakan udara dan air di tengah pantai, ada juga kapal-kapal yang disewakan dengan harga beragam. Tiket masuk untuk satu motor dengan dua orang cukup murah: Rp 7.000

bebatuan besar di Pantai Marina
Panorama Pantai Marina


4. Pantai Maron
Tidak seperti Pantai Marina yang banyak dengan bebatuan, di Pantai Maron kita dapat menyentuh pasir dan air. Pantai ini lebih sepi dari Pantai Marina karena memang belum terlalu dikenal orang luar Semarang. Seperti di Marina, banyak penjual makanan dan minuman di pinggir pantai.
Retribusi untuk masuk pantai untuk satu motor Rp 5.000, untuk mobil Rp 10.000 Namun sayang, Pantai ini masih kurang terawat. Banyak sampah menumpuk dan jalanan becek menyambut pengunjung dan menjadi pemandangan yang tak luput dari penglihatan. Semoga Pemda Semarang memperbaiki wisata Pantai Maron.

Sebuah gubuk di pojok Pantai Maron
Jalan menuju Pantai Maron
Penjaja makanan dan minuman dipinggir Pantai Maron

Masih ada beberapa obyek yang masih harus ditilik di Semarang dan Kabupaten Semarang.

to be continued... :)

No comments:

Post a Comment