Friday, February 8, 2013

Aku: Cinta dan Duka

Yogyakarta, 6 Februari 2013 - Di sebuah cafe di ujung Jalan Gejayan, dipentaskanlah sebuah monolog musikal dengan judul "Aku: Cinta dan Duka". Pukul 20.00 Djendelo Koffie sudah didatangi cukup banyak pengunjung yang entah sekedar ingin hang out atau memang sengaja datang untuk menyaksikan "Aku: Cinta dan Duka". Pementasan  ini sekaligus merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Puisi Indo Jogja.

Monolog musikal ini diangkat dari kisah Hamlet karya William Shakespeare. Kisah monolog ini berpusat pada cerita hidup Ophelia, kekasih Hamlet. Kematian ayah Hamlet ternyata membawa tragedi lain dalam kerajaan Denmark, termasuk dalam hidup Ophelia.

Naskah sepanjang tiga halaman ini diperankan oleh Neny Isharyanti sebagai Ophelia. Di sini Neny dituntut untuk menyanyi dan mengolah gerak tubuh. Penguasaan panggung yang apik juga sangat diperlukan untuk membawakan cerita berdurasi 32 menit tersebut.

Tantangan dari persiapan monolog musikal ini adalah jarak antar anggota yang terlibat. Delapan orang yang terlibat dalam pementasan ini berasal dari empat kota yang berbeda. Selama persiapan satu bulan, komunikasi lebih sering dilakukan melalui jejaring sosial, pesan singkat, dan telepon.

Pada akhir pementasan penonton diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, kesan, atau saran. Awang meyatakan bahwa dalam pementasan sederhana terdapat juga sesuatu yang berarti. Beberapa pengunjung yang datang mengaku baru pertama kali menyaksikan sebuah pementasan teater.

Dengan diadakannya pementasan monolog musikal "Aku: Cinta dan Duka" di Djendelo Koffie diharapkan bisa menambah jumlah penggiat dan penikmat seni, terutama teater.

Ophelia: Neny Isharyanti (Salatiga)
Publikasi: Pungky Andriyani (Madiun), Angga Arief (Yogyakarta)
Dokumentasi: Ramdan Rimosan (Yogyakarta)
Tata Rias: Ninez Andromeda (Ungaran)
Penata Musik: Aditya Indrayuana (Ungaran)
Penulis Naskah: Dionisius Sapto Nugroho (Batam)
Sutradara dan Penata Gerak: Jessica Permatasari (Yogyakarta)

Berikut beberapa lagu yang dibawakan:
1. Denmark
2. Ophelia
3. Takdir jiwa
4. He's Dead and Gone
5. Aku: Cinta dan Duka

Ophelia

Seorang penonton diwawancara oleh pembawa acara






Talk Show kecil



No comments:

Post a Comment